BluePen Media

Prospek Dunia Pendidikan di Kota Solo

Kota Solo, sebuah kota yang berkembang pesat  di semua sektor termasuk pendidikan, baik sebagai tujuanmaupun prospek bagi sekolah – sekolah atau Perguruan Tinggi dari luar kota untuk mempromosikan lembaga mereka di kota Batik ini. Selain itu Kota Solo memiliki pertumbuhan ekonomi yang  tinggi di Jawa Tengah,  dan di dukung fasilitas transportasi yang sangat memadai.

Kenapa Kota Solo sangat potensial ?   
      

.     1. Demografi
        Jumlah Pendudukan Kota Solo saat ini  kurang lebih 500 ribu jiwa, didukung oleh kawasan regional yang terdiri dari kab. Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar yang mendukung sektor industry dan perdagangan Kota Solo. Bila di jumlah penduduk di kawasan Solo Raya (Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Boyolali) total jumlah penduduk mencapai  1 juta Jiwa.

2. Ekonomi & Bisnis
    Kota Solo sangat kondusif bagai investasi  seperti  dikemukan oleh Kepala Cabang Bank  Indonesia Solo

Pejabat Sementara Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo Unting Nugroho mengemukakan bahwa pesatnya perkembangan potensi ekonomi kota Solo telah memikat sejumlah investor untuk menanamkan modalnya di kota Solo dan sekitarnya. "Di antara indikator perkembangan ekonomi yang begitu pesat, bisa terlihat dari besarnya inflow," ungkap Untung kepada wartawan saat diminta komentarnya tentang Perkembangan Ekonomi kota Solo, di Solo, Jawa Tengah, Minggu (24/2/2013).

Artinya, lanjut pejabat sementara kepala kantor perwakilan BI Solo, jumlah setoran nasabah yang masuk ke berbagai perbankan di kota Solo menunjukkan angka yang lebih besar dibanding penarikan. "Orang yang datang di kota Solo banyak membelanjakan uangnya. Selanjutnya uang yang diterima oleh masyarakat Solo kemudian disetorkan ke bank sebagai simpanan masyarakat," ujarnya.


Selain itu, beberapa tahun belakangan ini, perkembangan kota Solo di antaranya ditandai mulai bermunculan pendirian hotel berbintang, berdirinya pusat-pusat perbelanjaan modern dan mulai dinamisnya pasar-pasar tradisional, serta meningkatnya wisatawan domestik maupun mancanegara  yang datang ke Solo sebagai daerah tujuan wisata. "Termasuk makin seringnya kota Solo sebagai tempat pertemuan secara nasional maupun bertaraf internasional," jelasnya.

Berbagai hal itulah, menurut Untung, ternyata menarik perhatian para investor mulai melirik kota Solo sebagai tempat yang memiliki potensi cerah untuk menanamkan modalnya. "Sekarang ini orang luar Solo mulai banyak yang masuk untuk menginvestasikan modalnya di kota Solo. Lihat saja sekarang ini banyak unit usaha yang dimodali oleh investor luar Solo," pungkasnya


sumber :